Kesan natural akan terasa di obyek wisata ini, namun tempat ini tidak sepenuhnya tampak seperti hutan. Dengan luas 10 Ha, taman ini berisi hewan langka endemic kategori dilestarikan di Provinsi Jambi, seperti binatang buas, berbagai reptile dan burung serta beberapa primata langka.

Taman Rimba ini bersebelahan dengan fasilitas taman bermain untuk anak-anak dan hal menarik lainnya yang mirip Taman Mini Indonesia Indah, berupa anjungan-anjungan tiap daerah/kabupaten se Provinsi Jambi yang mengenalkan corak rumah adat dan budaya daerah masing-masing. Ada sebuah bangunan besar yang disebut Rumah Kajanglako. Rumah adat ini memiliki konsep bangunan modern namun tidak meninggalkan ciri khasnya, yaitu bubungan rumah berukir burung angsa kajanglako.

Di halamannya yang luas terdapat 6 macam rumah adat daerah Jambi yang masing-masing memiliki perbedaan. Arena bermain di obyek wisata Taman Rimba ini berupa boom boom car, komedi putar mini, areana permainan mandi bola dan beberapa jenis permainan outdoor lainnya. Akses ke dua lokasi ini sangat mudah dijangkau walaupun agak jauh dari pusat komersil Kota Jambi, karena lokasinya bersebelahan dengan Bandara Sultan Thaha.

Obyek wisata ini terasa sejuk dengan rindangnya pepohonan, merupakan tempat yang cocok bagi para penumpang pesawat terbang saat setelah landing rehat sejenak, ataupun saat sambil menunggu jadwal keberangkatan yang masih lama.