Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud dalam  Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2016  tentang Pembentukan Organisasi Dinas-dinas Daerah Kota Jambi. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mempunyai fungsi sebagai berikut :

Perumusan kebijakan teknis di bidang Pariwisata dan Kebudayaan;

Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang Pariwisata dan Kebudayaan;

Perencanaan, Pembangunan, Pembinaan, pengembangan, pengendalian dan pengawasan di bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Unit Pelaksana Teknis Dinas;

Pengkoordinasian dan hubungan kerjasama dengan pihak lain;

Pelaksanaan tugas lain yang diberikan atasan  sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Sekretariat

Sekretariat berkedudukan sebagai unsur pembantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi. Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas. Sekretaris mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan pelayanan umum dan administrasi yang meliputi : urusan umum dan kepegawaian, ketatalaksanaan, keuangan, perencanaan, perlengkapan dan rumah tangga dinas serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya. Untuk melaksanakan tugas, sekretaris mempunyai fungsi sebagai berikut :
penyusunan program di bidang Pariwisata dan Kebudayaan ;
pembinaan, pelayanan dan penyelenggaraan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan, rumah tangga dan umum;
pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya;

Sekretariat terdiri dari :

1. Sub Bagian Umum

Mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan urusan umum dan kepegawaian dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja sub bagian umum;
Menyusun,meneliti dan Meregistrasi keputusan Kepala Dinas;
Menyiapakan dan menyusun rancangan Keputusan Walikota;
Melaksanakan ketatausahaan, kearsipan, perlengkapan, kerumahtanggaan dan hubungan masyarakat;
Mengagendakan, mengarsipkan dan mendistribusikan surat menyurat;
Melaksanakan administrasi dan surat menyurat kendaraan dinas;
Melaksanakan pengadaan, pendistribusian dan pemeliharaan barang;
Mempersiapkan penyelenggaraan rapat, penerimaan tamu dan kelancaran hubungan melalui alat-alat komunikasi;
Melaksanakan tertib administrasi;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Sub Bagian Keuangan

Mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan urusan keuangan, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja sub bagian keuangan;
Melaksanakan ketatausahaan urusan keuangan pengeluaran dan pendapatan;
Menyelenggarakan pembukuan, perbendaharaan dan kas;
Merencanakan kebutuhan biaya penyelenggaraan di bidang Pariwisatadan Kebudayaah;
Membuat laporan keuangan bulanan, triwulan dan tahunan;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya. Menyelenggarakan pembukuan, perbendaharaan dan kas;

3. Sub Bagian Kepegawaian

Mempunyai tugas membantu Sekretaris dalam melaksanakan urusan kepegawaian, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja sub bagian kepegawaian;
Menyiapkan, mengusulkan, mengolah data dan dokumentasi pegawai yang meliputi; kenaikan pangkat, permohonan izin dan tugas belajar, cuti, perpindahan, pemberian tanda penghargaan/tanda jasa dan sanksi, pemberhentian, pensiun, kenaikan gaji bulanan dan tunjangan baik struktural maupun fungsional;
Merencanakan dan mengusulkan kebutuhan jenis pendidikan dan pelatihan, calon peserta pendidikan dan pelatihan, serta calon peserta ujian dinas pegawai;
Menyusun Daftar Urut Kepangkatan (DUK);
Mengusulkan permohonan kartu pegawai, kartu istri/kartu suami, kartu tabungan asuransi pensiun, dan kartu asuransi kesehatan;
Menyiapkan dan memproses daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) pegawai dan laporan pajak pajak pribadi (LP2P);
Mengelola absensi atau daftar hadir pegawai,mengagendakan, mengarsipkan;
Melaksanakan tertib administrasi serta membuat laporan bulanan dan tahun;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Menyusun Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, Peta Jabatan dan Uraian tugas terhadap seluruah jabatan pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Bina Program

Bidang Bina Program berkedudukan sebagai unsur pembantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya. Bidang Bina Program dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris. Kepala Bidang Bina Program mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam bidang penyusunan program, pengelolaan data, pengembangan sistem dan teknologi informasi, monitoring dan evaluasi, penelitian dan pengembangan serta penyusunan laporan kinerja Dinas Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud. Bidang Bina Program mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut :
Penyusunan program Bidang Bina Program dan Program Dinas;
Penyusunan pedoman perencanaan dan pengembangan kebijakan seni budaya dan pariwisata;
Pengelolaan data, mengembangkan system dan teknologi informasi Dinas;
Pelaksanaan penelitian pengembangan seni budaya dan pariwisata;
Penyusunan pedoman dan melaksanakan monitoring dan evaluasi peleksanaan program Dinas;
Penyusunan laporan kinerja Dinas;
Pengevaluasian dan Penyusunan laporan pelaksanaan program Bidang Bina Program;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
Bidang Bina Program terdiri dari :

1. Seksi Perencanaan

Mempunyai fungsi penyusunan program dinas, penelitian dan pengembangan berdasarkan data bidang seni budaya dan pariwisata yang dimiliki. Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, Seksi Perencanaan mempunyai tugas;
Menyusun program Seksi Perencanaan;
Menyusun program Dinas
Merencanakan pengembangan sarana dan prasarana Dinas;
Melaksanakan penelitian dan pengembangan bidang seni budaya dan pariwisata;
Memfasilitasi penyusunan program UPTD;
Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan program.
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Seksi Data dan Teknologi Informasi

Mempunyai fungsi pengelolaan data, pengembangan system dan teknologi informasi Dinas. Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud, Seksi Data dan Teknologi Informasi mempunyai tugas:
Menyusun program Seksi Data dan Teknologi Informasi ;
Menghimpun dan mengelola data;
Mengelola system jaringan data dan informasi melaui jaringan teknologi informasi;
Melaksanakan koordinasi pengelolaan data, system dan teknologi informasi;
Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan program Seksi Data dan Teknologi Informasi;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

3. Seksi Monitoring dan Evaluasi

Mempunyai fungsi pelaksanaan monitoring dan evaluasi serta penyusunan laporan kinerja dinas.
Menyusun program Seksi Monitoring dan Evaluasi;
Menyusun pedoman dan melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Dinas;
Menyusun laporan kinerja SKPD;
Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan program Seksi Monitoring dan Evaluasi;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Pariwisata

Bidang Pariwisata berkedudukan sebagai unsur pembantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya. Bidang Pariwisata dipimpin oleh Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris. Kepala Bidang Pariwisata mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam bidang sarana dan prasarana pariwisata, Pelayanan Tanda Daftar Usaha Pariwisata, promosi, pengendalian dan pengawasan serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya. Bidang pariwisata mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut:
Penyusunan program kerja bidang pariwisata;
Penyusunan petunjuk teknis pembinaan kepariwisataan;
Pengembangan sarana dan prasarana kepariwisataan;
Pelaksanaan pengkajian dan penelitian potensi pariwisata;
Pelaksanaan pembinaan dan pengembangan objek dan daya tarik wisata
Pelaksanaan pelayanan tanda daftar usaha pariwisata (TDUP).
Pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian kepariwisataan;
Pelaksanaan Promosi Kepariwisataan;
Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bidang Pariwisata terdiri dari :

1. Seksi Bimbingan Masyarakat dan Industri Pariwisata

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang pariwisata dalam urusan bimbingan masyarakat dan industri pariwisata, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi bimbingan masyarakat dan industri pariwisata;
Menghimpun, mengolah dan menyajikan data industri pariwisata;
Menghimpun bahan rumusan kebijakan bimbingan masyarakat dan industri pariwisata;
Melaksanakan pembinaan dan bimbingan masyarakat;
Melaksanakan pembinaan industri pariwisata
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugas pokok dan fungsinya.

2. Seksi Pengembangan Objek Daya Tarik Wisata

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pariwisata dalam urusan pengembangan objek daya tarik wisata, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi Pengembangan objek daya tarik wisata.
Mengumpulkan, mengolah dan menyajikan data sebagai bahan rumusan kebijakan objek
dan daya tarik wisata.
Merencanakan pembangunan dan Pengembangan objek daya tarik wisata
Melaksanakan pemantauan, pembinaan, objek dan daya tarik wisata.
Melaksanakan kerja sama dengan pihak lain untuk pengembangan objek daya tarik wisata;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

3. Seksi Pelayanan TDUP, Pengendalian dan Pengawasan Pariwisata

Mempunyai tugas membantu Kepala bidang pariwisata dalam urusan Pelayanan TDUP, pengendalian dan pengawasan pariwisata,   pendataan, pengkajian dan penelitian objek wisata,dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi Pelayanan TDUP, pengendalian dan pengawasan;
Menghimpun, mengolah dan menyajikan data pariwisata;
Melaksanakan survey objek tanda daftar usaha pariwisata
Memberikan pertimbangan / verifikasi bahan dan analisa terhadap tanda daftar usaha pariwisata;
Melaksanakan koodinasi dan hubungan kerja dengan asosiasi-asosiasi serta lembaga-lembaga pariwisata dalam upaya meningkatkan kemitraan untuk pengembangan pariwisata;
Melaksanakan pengendalian dan pengawasan usaha wisata;
Melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap usaha wisata;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Kebudayaan dan Kesenian

Bidang Kebudayaan dan Kesenian berkedudukan sebagai unsur pembantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya. Bidang Kebudayaan dan Kesenian dipimpin oleh Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris. Kepala Bidang Kebudayaan dan Kesenian mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas dibidang kesenian, kepurbakalaan, kesejarahan dan nilai budaya, pelestarian dan pengembangan kebudayaan serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Kebudayaan dan Kesenian Mempunyai fungsi dan tugas sebagai berikut :
Pelaksanaan kerjasama seni dan budaya tingkat daerah, nasional dan internasional;
Pelaksanaan penelitian dan pengembangan seni dan budaya;
Pelaksanaan penyebarluasan informasi seni dan budaya;
Perlindungan/Pelestarian, pemeliharaan dan pementasan seni dan budaya;
Pengendalian dan pengawasan seni dan budaya;
Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya

Bidang Kebudayaan dan Kesenian terdiri dari :

1. Seksi Seni Budaya dan Hiburan

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Kebudayaan dalam urusan kesenian dan hiburan, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi seni budaya dan hiburan;
Menghimpun dan mengolah data kesenian dan budaya;
Melaksanakan pembinaan dan pengembangan seni budaya dan hiburan;
Menyusun bahan pelaksanaan kerjasama, pembinaan dan pengembangan kebudayaan
dan Kesenian;
Melaksanakan pementasan seni budaya;
Melaksanakan lomba seni dan festival budaya;
Melaksanakan pembinaan sanggar seni;
Melaksanakan pelatihan dan penyuluhan nilai seni budaya;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

2. Seksi Sejarah dan Kepurbakalaan

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Kebudayaan dalam urusan sejarah & kepurbakalaan, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi sejarah dan kepurbakalaan;
Mengumpulkan, menyimpan dan merawat koleksi benda sejarah dan kepurbakalaan;
Menggali dan meneliti benda sejarah dan kepurbakalaan;
Merencanakan, membangun dan pemeliharaan museum;
Menyiapkan bahan penyuluhan kesejarahan dan kepurbakalaan;
Menyiapkan bahan pembinaan, petunjuk teknis kesejarahan dan kepurbakalaan;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

3. Seksi Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Kebudayaan dalam urusan pelestarian dan pengembangan kebudayaan, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan;
Menggali dan mengembangkan nilai-nilai budaya daerah;
Menyusun dan menyiapkan bahan pembinaan, petunjuk teknis pelestarian dan
pengembangan kebudayaan;
Mendata dan melestarikan budaya tradisional;
Menyiapkan bahan dan melaksanakan penyuluhan nilai budaya daerah;
Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.

Bidang Promosi dan Pemasaran

Bidang Promosi Pemasaran berkedudukan sebagai unsur pembantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya. Bidang Promosi Pemasaran dipimpin oleh Kepala Bidang yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris. Kepala Bidang Promosi Pemasaran mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam melaksanakan tugas dibidang pemasaran pariwisata melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan bidang tugasnya. Untuk melaksanakan tugas di bidang promosi dan pemasaran mempunyai fungsi sebagai berikut:
Pelaksanaan kerjasama antar daerah tingkat Provinsi, nasional dan internasional;
Pelaksanaan penelitian kepariwisataan;
Pelaksanaan pameran dan promosi seni budaya dan pariwisata;
Penyediaan bahan-bahan promosi seni budaya dan pariwisata;
Pelaksanaan penyebarluasan promosi seni budaya dan pariwisata;
Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh kepala dinas sesuai dengan tugasnya.
Bidang Promosi dan Pemasaran terdiri dari :

1. Seksi Promosi dan Pameran

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran dalam urusan Promosi dan Pameran, dengan rincian tugas sebagai berikut
Menyusun rencana kerja Seksi Promosi dan Pameran .
Menghimpun, mengolah dan menyajikan data promosi dan pameran;
Melaksanakan publikasi dan informasi pariwisata;
Menyiapkan bahan informasi dan profil pariwisata;
Melaksanakan Pameran dan Promosi daerah tingkat lokal, regional, nasional dan internasional;
Melakukan penyiapan bahan kerja sama dengan pihak lain dalam pengadaan dan peningkatan pemasaran dan promosi pariwisata, seni dan budaya;
Melakukan penyiapan bahan kerja sama dengan pihak lain untuk melaksanakan kegiatan pembinaan dan pelatihan keterampilan, pemasaran dan pengembangan potensi pariwisata;
Melakukan penyiapan bahan untuk pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana pariwisata dan Seni Budaya;
Membuat laporan bulanan dan tahunan;
Melaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya

2. Seksi Pengembangan Pasar Pariwisata dan Seni Budaya

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang dalam perumusan, pelaksanaan dan Pengembangan kebijakan teknis dan rencana program kerja serta pelaksanaan urusan pengembangan di bidang Promosi dan pemasaran dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja seksi Pengembangan pasar pariwisata dan seni budaya sebagai pedoman pelaksana tugas;
melaksanakan pengembangan pasar pariwisata dan seni budaya;
Melaksanakan Pengembangan ekonomi kreatif;
Membuat Pusat Pelayanan Informasi Pariwisata dan seni budaya;
Melakukan penyusunan data base wisata dan seni budaya;
Membuat profil wisata dan seni budaya;
membuat laporan bulanan dan tahunan;
melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh atasan, sesuai dengan bidang tugasnya.

3. Seksi Kemitraan dan hubungan antar lembaga

Mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran dalam urusan kemitraan dan hubungan antar lembaga, dengan rincian tugas sebagai berikut :
Menyusun rencana kerja Seksi Kemitraan dan hubungan antar lembaga;
Membantu, memberikan fasilitas dan prioritas dalam menyelenggarakan promosi atau melakukan kegiatan kepada usaha pariwisata dan Seni Budaya ;
Melakukan kerja sama dengan pihak lain dibidang pariwisata dan seni budaya;
Melakukan pemberian bantuan sarana dan prasarana pariwisata dan Seni Budaya;
Melaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan bidang tugasnya.