Dongkrak Kunjungan Wisata, Jambi Gelar 6 Kegiatan Wisata Nasional

Jambi, Beritasatu.com – Provinsi Jambi menggelar enam kegiatan wisata bertaraf nasional selama tahun ini sebagai salah satu upaya mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah itu. Keenam kegiatan wisata yang sudah masuk agenda wisata nasional tersebut, Festival Kerinci, Festival Sungai Batanghari, Festival Candi Muarojambi, Festival Geopark Merangin, Festival Mandi Safar Tanjungjabung Timur, Tour de Singkarak Etape Provinsi Jambi. Keenam agenda wisata tersebut digelar mulai Maret – November 2020.

“Adanya list (daftar) event (kegiatan) wisata ini akan memudahkan wisatawan nasional menjadwalkan dan memilih waktu kunjungan mereka ke Jambi. Penyelenggaraan enam kegiatan wisata bertaraf nasional di Jambi ini juga akan merangsang minat kunjungan wisatawan ke Jambi karena kegiatan wisata tersebut menawarkan sajian wisata yang menarik bagi para wisatawan,” kata Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Edhi Wardoyo pada Launching (Peluncurkan) Calendar of Event Wisata Provinsi Jambi 2020 Transmart Jambi, Jumat (6/3) malam.

Menurut Edhi Wardoyo, penyelenggaraan enam kegiatan wisata Jambi berskala nasional tersebut harus benar-benar dikelola secara profesional agar benar-benar bisa merangsang minat kunjungan wisatawan ke Jambi dan memuaskan wisatawan yang datang ke Jambi. Kemudian pelayanan terhadap wisatawan yang datang menikmati agenda wisata di Jambi juga harus dilakukan secara maksimal agar tidak sampai mengecewakan.

“Penyelenggaraan berbagai event wisata di Jambi ini sangat baik, terlebih dalam menarik minat para wisatawan untuk datang berkunjung ke Jambi. Tetapi mutu setiap event harus diperhatikan agar memenuhi standar sajian wisata nasional. Semoga kegiatan ini menjadi momentum bagi Provinsi Jambi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata,”katanya.

Sementara itu, Gubernur Jambi, Fachrori Umar pada kesempatan tersebut mengatakan, Calendar of Event Provinsi Jambi 2020 bertujuan mempromosikan event-event pariwisata kabupaten/kota se-Provinsi Jambi kepada seluruh lapisan masyarakat dan para calon wisatawan sehingga tertarik datang ke Provinsi Jambi. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menggugah partisipasi masyarakat Jambi agar terlibat aktif dalam memajukan kepariwisataan Provinsi Jambi.

“Jika sektor pariwisata di Jambi tumbuh dan berkembang dengan pesat, hal tersebut membawa manfaat juga bagi peningkatan usaha perhotelan dan restoran, transportasi, komunikasi dan serta perbankan. Kemudian kemajuan usaha sektor pariwisata juga akan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Fachrori Umar mengharapkan, Calendar of Event Provinsi Jambi 2020 dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Jambi. Peningkatan kunjungan wisatawan tersebut akan memberikan dampak positif terhadap para pegiat dan pelaku usaha pariwisata di Provinsi Jambi. Kegiatan wisata tersebut juga dinilai mampu memberikan dampak positif terhadap pelestarian ragam kesenian sosial dan budaya daerah Jambi serta pengembangan wisata alam Provinsi Jambi sebagai daya tarik wisata.

“Calendar of Event Provinsi Jambi 2020 juga merupakan kolaborasi dari beberapa kegiatan, baik bersifat seni budaya, olahraga maupun pariwisata sebagai upaya dalam membangun Provinsi Jambi,” katanya.

Sementara itu Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Sri Purnama mengatakan, penyelenggaraan enam agenda wisata berskala nasional di Jambi tahun ini akan mampu mempromosikan pariwisata Jambi sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jambi.

Berdasarkan pengalaman selama ini, lanjut Sri Purnama, kegiatan-kegiatan wisata berskala nasional dan internasional mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jambi. Tour de Singkarak 2019 di Sumatera Barat yang sampai ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh yang dirangkaikan dengan Festival Danau Kerinci mampu mendongkrak kunjungan wisatawan kedua daerah pegunungan di Jambi itu.

Melihat pengalaman tersebut, lanjut Sri Purnama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi meningkatkan kegiatan wisata tahun ini. Total kegiatan wisata yang akan digelar di jambi tahun ini mencapai 40 kegiatan. Kegiatan wisata tersebut dilaksanakan di Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, Kota Sungaipenuh, Kabupaten Kerinci dan beberapa kabupaten lain.

“Khusus Tour de Singkarak Sumatera Barat 2020 akan ditambah satu etape lagi untuk Jambi, yakni etape Merangin. Tour de Singkarak tahun lalu di Jambi hanya dua etape, yakni etape Kota Sungaipenuh dan Kerinci,”katanya.

Dijelaskan, Provinsi Jambi yang memiliki luas wilayah sekitar 53.435 kilometer (km) persegi memiliki 453 objek wisata. Jumlah objek wisata itu bertambah sekitar 227 lokasi atau 50 persen dibandingkan jumlah objek wisata di daerah itu tahun 2012 sekitar 290 lokasi. Sedangkan objek wisata buatan di daerah itu bertambah 119 lokasi tahun 2016 menjadi 153 lokasi tahun 2020 atau bertambah 34 lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *